Jumat, 22 Januari 2016

,

Arti Pendidikan Sebenarnya.....

Sejak berganti tahun rasanya sudah dua minggu tidak berbagi tulisan melalui blog ini, biasalah karena kesibukan di tempat mengajar dan kegiatan perusahaan yang semuanya membutuhkan perhatian, pikiran dan tenaga. Trus yang biasa mengganggu adalah sedang tidak adanya ide untuk ditulis.....hee biasa penyakit seorang blogger...krisis ide...

Kembali ke pendidikan sebagai hal yang dianggap penting dalam kehidupan manusia..ada sebuah pertanyaan yang ada dibenak kita..Pendidikan itu apa sih...?

Mengutip tulisan dari seorang yang penulis artikel pendidikan Tirumala Prasad, Pendidikan adalah Hidup. Ada banyak perbedaan antara berpendidikan dan tidak berpendidikan. Ada banyak contoh dalam kehidupan ini antara berpendidikan dan tidak berpendidikan. Seorang petani yang gagal panen akibat tidak tahu cara bercocok tanam, pemilihan benih dan budidaya pertanian yang baik. Contoh lain adalah banyak diantara kita para orang tua tidak dapat membimbing anak-anak menjadi pribadi yang baik, sukses dalam menjalani kehidupan. Banyak diantara anak kita yang drop out, karir yang tidak tepat, perilaku yang salah adalah beberapa akibat dari ketidaktahuan dan kurangnya pendidikan.

Dalam beberapa peristiwa yang pernah kita dengar dan kita lihat, kurangnya pendidikan menyebabkan rendahnya tingkat kesadaran akan pentingnya kesehatan. Banyak yang tidak tahu cara mencuci tangan yang benar, pola makan yang sehat.

Saat ini kualitas sumber daya manusia yang tinggi adalah syarat utama untuk membangun ekonomi dunia. Orang yang berpendidikan menjadi panutan bagi banyak orang. Banyak negara maju dikarenakan dukungan hasil penelitian dan riset ilmiah dari para orang-orang yang berpendidikan. Tidak seperti zaman kuno yang mengabaikan beberapa aspek kehidupan seperti pangan, sandang dan tempat tinggal dan lain-lain dan selalu bergantung dan mengikuti takhayul atau hal-hal yang mistis.

Dalam proses pendidikan itu sendiri kualitas tertentu harus dicapai seperti sikap, kemampuan, kesadaran, keberanian, perilaku, kreativitas, karakter, disiplin, efektifitas, efisiensi, kesetian, pikiran dan perbuatan baik, niat baik, kerja keras, kejujuran, rendah hati, inovatif, menyenangkan, cinta, keterampilan kepemimpinan, kekuatan mental, optimisme, kesabaran, tepat waktu, ketulusan, toleransi, kesoponan dan lain-lain.

Lembaga-lembaga pendidikan, pelaku pendidikan, peneliti dan pembuat kebijakan pendidikan pemerintah dan para guru haruslah intropeksi dan memastikan apakah para peserta didik yang ada sekarang akan menjadi pemimpin yang baik pada masa yang akan datang.

Intinya adalah Pendidikan adalah Hidup. Hidup adalah Pendidikan,.

0 komentar:

Posting Komentar