Proktor UNBK

Semenjak ditetapkannya sekolah tempat penulis mengabdikan diri SMP Lematang Lestari sebagai salah satu sekolah yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer, banyak persiapan yang dilakukan. Mulai menyiapakan sarana pendukung, baik hardware maupun software dan yang terpenting adalah  menyiapkan mental dan pengetahuan peserta didik dengan sistem ujian nasional yang baru ini.

Penulis sendiri yang ditunjuk sebagai Proktor untuk ujian berbasis komputer ini merasakan beban yang cukup berat, mulai dari harus mengeset ulang laboratorium komputer mulai desain Local Area Network (LAN) sampai dengan aplikasi yang akan digunakan.

Untuk urusan hardware LAN dan komputer yang akan digunakan dengan dukungan penuh dari kepala sekolah dan pihak YPTEL, rasanya penulis tidak terlalu merasa kesulitan, namun pada saat sinkrosnisasi server utama dengan server puspendik kemdikbud adalah saat yang paling menguras energi dan pikiran. Mulai dari beberapa kesalahan pada saat menyiapkan aplikasi sampai dengan harus menghabiskan waktu hingga malam hari menunggu proses download data yang dibutuhkan adalah sebuah pekerjaan yang menjadi beban pekerjaan sebagai proktor.

Kegagalan pada saat sinkronsisi pada tahap simulasi pertama menjadi pelajaran penting. Dengan bekerja tenang dan ikhlas ternyata menjadi kunci keberhasilan pada saat proses sinkronisasi. Rasanya senang pada saat simulasi kedua kemarin semua peserta didik kami dapat mengikutinya dengan lancar dan tertib. Setelah ini pekerjaan masih menanti untuk mempersiapkan tahapan gradi bersih hingga tibanya hari pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer pada tanggal 2,3,4 dan 8 Mei 2017 yang akan datang.

Kepada keluarga besar SMP Lematang Lestari mari kita berusaha dan berdoa semoga semuanya dapat kita lalui dan memperoleh hasil yang terbaik. Aamiin..

Diberdayakan oleh Blogger.