Selasa, 09 Februari 2016

,

Mengapa Pendidikan Sangat Penting ......?

Sebuah pertanyaan yang pasti sering disampaikan oleh kita para orang tua dan guru. Mengapa pendidikan sangat penting ?

Sebagaimana kita ketahui bahwa pendidikan adalah sebuah cara untuk memperoleh pengetahuan. Pendidikan adalah sebuah keharusan bagi setiap manusia, tidak peduli dari mana dia berasal. Pendidikan adalah dasar untuk menciptakan masyarakat beradab. Melek huruf dan pendidikan adalah dua hal yang berbeda. Mejadi melek huruf untuk bisa membaca dan menulis, sedangkan pendidikan menawarkan kemampuan berpikir. Lihat saja sekarang, setiap negara berinvestasi dan mengeluarkan dana yang banyak untuk memajukan pendidikan. Kenapa....? karena pendidikan membantu seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, sejahtera dan menjadi manusia yang lebih baik. Setelah makanan, pakaian dan tempat tinggal, pendidikan telah mejadi kebutuhan bagi setiap masyarakat. Masyarakat yang berpendidikan membentuk tulang punggung pertumbuhan ekomoni dari sebuah negara. 
Berikut adalah poin penting dari pendidikan :
  1. Pendidikan membantu dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Manusia sebagai makhluk sosial diajarkan banyak hal seperti aturan, peraturan etika dasar dan cara berprilaku dengan orang lain. Pendidikan membantu dalam membangun masyarakat yang beradab, bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Orang yang berpendidikan dapat membedakan antara yang benar dan salah. Orang-orang berpendidikan menyadari hak-hak dasar mereka, tugas dan menaati aturan hukum. 
  2. Pendidikan dapat membantu mencari nafkah yang lebih baik. Kualitas pendidikan yang baik adalah sebuah keharusan bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang layak bahkan tinggi. Jika dia seorang pebisnis dengan pendidikan yang baik dapat berpikir tentang tata cara membawa bisnisnya kedepan lebih baik. Pendidikan yang baik menawarkan kemandirian dalam hal keuangan dan mampu hidup sejahtera.
  3. Pendidikan membantu dalam memberikan kontribusi bagi bangsa. Pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam mengambil ekonomi di masa depan. Masyarakat yang berpendidikan dan mandiri secara ekonomi merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah negara.
  4. Pendidikan membawa keyakinan. Pendidikan membantu dalam membangun rasa percaya diri. Tidak hanya memberikan kemampuan dalam mengambil keputusan, tetapi juga membantu dalam mengkomunikasikan pikiran orang lain dalam cara yang lebih baik dan efektif.
  5. Meningkatkan kemampuan Penalaran. Manfaat terbesar dari pendidikan adalah pendidikan membawa seseorang untuk berpikir secara logis. tidak hanya mengikuti hal-hal yang berbau tahayul atau mistis. Orang berpendidikan dapat berpikir rasional dan membuat argumen yang berdasarkan pada penalaran ilmiah. Hal ini membuat kita menyadari hal-hal yang baru dan perkembangan yang terjadi di belahan dunia dan mampu mengimbangi dan mengikuti perkembangan teknologi.
Pendidikan membuat kita memperoleh dan merasa bahagia. Pendidikan adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam setiap aspek kehidupan.

sumber : http://ezinearticles.com/expert/Richa_Khandel/1264321


0 komentar:

Posting Komentar