Selasa, 14 Juni 2016

Sibuk di Akhir Semester

Tahun Pelajaran 2015/2016 segera berakhir. Seperti biasanya di akhir semester kegiatan yang biasa dilakukan adalah ujian kenaikan kelas bagi seluruh peserta didik.

Walaupun ini kegiatan yang rutin dilakukan, tetap saja menguras energi, mulai dari persiapan, pembuatan kisi-kisi soal, pengetikan naskah soal, penggandaan soal hingga distribusi soal. Semua guru dan pegawai tata usaha mengambil peran sesuai tugas masing-masing.

Tiba saat ujian setiap guru menerima tanggung jawab untuk menjadi pengawas ujian dilanjutkan dengan mengkoreksi lembaran jawaban peserta didik. Dan diakhiri dengan pengolahan nilai hingga penyerahan nilai kepada para wali kelas.

Ujian berakhir bukan berarti bisa bersantai. Para guru tetap menjalankan tugasnya menjadi pembina ataupun koordinator dalam kegiatan "class meeting", sebuah kegiatan yang berisi lomba antar siswa ataupun antar kelas. Hal ini dilakukan untuk memberikan refreshing kepada seluruh peserta didik yang telah menjalani kegiatan belajar selama satu tahun.

Satu lagi kegiatan yang tak kalah pentingnya pada akhir semester adalah kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru. Kegiatan ini juga cukup menyita waktu dan tenaga. Semua hal.harus dilakukan secara cermat dan tepat. Hingga didapat hasil yang maksimal.

Jika semua kegiatan tersebut sudah selesai apakah para guru bisa bersantai. Haa..ternyata profesi guru yang belakangan ini dianggap sebagai musuh oleh sebagian para orang tua, tidak bisa menikmati rasa santai itu...karena diwaktu semua peserta didik libur, para guru harus menyelesaikan program kegiatan belajar mengajar untuk tahun pelajaran berikutnya.

Begitu banyak tugas guru demi mencerdaskan anak bangsa. Walapun penghargaan terhadap guru belum terasa.

Walau demikian mari para guru tetaplah menjadi guru yang mampu memberikan manfaat bagi semua anak-anak kita. Setiap ilmu yang kita berikan adalah pelita bagi mereka dan Allah menjamin kita dengan surga.

0 komentar:

Posting Komentar