Selasa, 16 Mei 2017

7 Karakteristik dan Kualitas Seorang Guru yang Baik

Setiap guru ingin menjadi guru yang baik, tapi apakah menjadi "guru yang baik" hanya sebuah mitos?
Mengajar seringkali menjadi pekerjaan yang menguntungkan dan memuaskan bagi orang yang gemar mengajar. Saya juga seorang guru, meskipun saya tidak menganggap diri saya sebagai guru yang sangat baik, tapi saya tahu satu hal bahwa sebagian besar siswa saya mencintai saya, dan saya kira ini adalah titik di mana hal baik mulai terjadi.Sering saya memikirkan apa karakteristik seorang guru yang baik dan bagaimana saya bisa melakukannya? Atau karakteristik dan kualitas apa yang dimiliki oleh seorang guru yang baik? 

Setelah mencari-cari dan mengamati, saya menemukan beberapa kualitas yang menurut saya paling relevan bagi seseorang yang terlibat dalam pekerjaan mengajar. Saya percaya jika seorang guru memiliki karakteristik dan kualitas berikut, dia bisa menjadi guru yang sangat baik.

1. Keramahan.Menurut saya karakteristik terpenting seorang guru yang baik adalah bersikap ramah dan menyenangkan dengan murid-muridnya. Ini adalah nilai tambah jika murid-muridnya dapat berbagi masalah dengan dia, tanpa merasa takut atau ragu. Saya pikir jika siswa selalu memikirkan guru mereka sebagai musuh (dalam arti yang lucu sekalipun: p). mereka tidak akan pernah bisa dekat satu sama lain, Coba bayangkan ketika dulu Anda menjadi siswa, berapa banyak guru yang Anda sukai yang TIDAK ramah, dan agak sombong dan kasar?

2. Kepribadian yang BaikSeorang guru yang baik memiliki kepribadian yang sangat baik. Siswa selalu tertarik pada guru dengan kepribadian baik yang mengarah pada komunikasi, pemahaman, dan hasil yang baik. Setiap orang bisa memiliki kepribadian yang baik, layak, menyenangkan, dan rapi. Hal ini bisa dimulai dengan hal kecil misalnya berpakaian yang sopan dan baik, wangi, dan bersikap sedikit lembut dan baik hati. Itu saja.

3. Pengetahuan yang mendalam dan pendidikan yang hebatKarakteristik penting lain dari seorang guru yang baik adalah pengetahuan dan pendidikannya sendiri. Ada pepatah bahwa 'seorang guru hanya sebaik pengetahuannya.' Bagaimanapun, dia sedang melakukan pekerjaan guru, yaitu mengajar. Jika dia sendiri tidak memiliki pengetahuan tentang topik tertentu yang dia ajarkan, dia tidak akan pernah membuat nama untuk dirinya sendiri. Jadi, menjadi guru mulailah dengan pendidikan dan pengetahuan serta keahlian bagus; karena ini adalah tugas moral.

4. Seorang Komunikator yang BaikSalah satu karakteristik penting dari seorang guru yang baik adalah kemampuan komunikasinya. Dia harus menjadi pembicara yang sangat baik. Karakteristik ini akan memberi manfaat dalam beberapa cara. Sebagai contoh:
  • Jika kemampuan berkomunikasinya bagus, dia bisa menyampaikan ceramahnya dengan keterampilan dan hasil yang lebih baik.
  • Jika dia adalah seorang pembicara yang baik, kekuatan kelasnya meningkat secara otomatis. siswa akan senang mendengar guru yang bisa berbicara cukup baik. Namun akan selalu ada kekurangan akan hal ini. 

5. Seorang Pendengar yang BaikSelain sebagai komunikator yang baik, guru yang baik juga harus memiliki karakteristik menjadi pendengar yang lebih baik. Seperti ada pepatah Turki:"Jika berbicara adalah perak, maka dengarkan adalah emas."Ingat, pendengar yang baik akan selalu memiliki banyak teman dan penggemar. Karena orang tidak mau mendengar setiap saat, mereka membutuhkan orang yang bisa mendengarkan mereka juga. Dan ketika seorang guru yang baik mengembangkan kualitas ini dalam dirinya, dia mulai menjadi guru yang hebat.

6. Rasa humor yang baikGuru yang baik juga harus memiliki kualitas dan karakteristik untuk memiliki selera humor yang baik. Ini adalah fakta logis bahwa seseorang pada umumnya mengajarkan generasi berikutnya dan karena mereka lebih muda dari pada profesor, mereka juga diharapkan lebih banyak bersenang-senang di kelas. Jadi, guru yang baik adalah orang yang bisa mengikuti selera humornya, dan dengan kemampuan dan kepribadian komunikasi yang kuat, juga bisa menjaga disiplin kelas.

7. KebaikanYang terakhir tapi jelas salah satu ciri paling penting untuk dimiliki. Guru harus menjadi orang yang lembut, baik hati, sopan, dan baik hati. Siswa harus mencintainya, dan saat mereka mencintainya, mereka mengidolakannya. Kemudian akhirnya, mereka akan menghormatinya, akan mengerjakan pekerjaan rumah, dan akhirnya akan membawa hasil dan hasil yang lebih besar.


Jadilah lembut, baik hati, hati-hati.

0 komentar:

Posting Komentar